Ticker

6/recent/ticker-posts

8 Tersangka Diamankan Polres Sumbawa Barat dalam Ops Jaran 2021


Delapan orang tersangka Curas dan Curanmor yang berhasil diamankan personel Polres Sumbawa Barat dalam Operasi Jaran Rinjani 2021.


SUMBAWA BARAT – Sebanyak 8 orang tersangka berhasil diamankan dalam Operasi Jaran Rinjani 2021 yang digelar Polres Sumbawa Barat selama 14 hari terakhir. Dari 8 orang tersangka yang ditangkap terdiri dari kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S.IK MH dalam konferensi pers yang digelar di Mako Polres Sumbawa Barat, Rabu (17/3/2021) mengatakan, dalam  Operasi Jaran tersebut menyasar dua kejahatan jalanan, yaitu berupa Curas dan Curanmor.

“Dalam operasi ini anggota kami berhasil mengungkap semua target operasi, yakni 2 target perkara dengan hasil yang menggembirakan. Polres KSB berhasil mengungkap 6 perkara, 2 sebagai target operasi dan 4 di luar operasi,” kata Kapolres didampingi  Kasat Reskrim Iptu Hilmi Manosoh Prayugo, S.IK, KBO Reskrim Iptu Zainal, Kanit Pidum Ipda Eko Ari Prastya, SH dan Paur Subbag Humas Ipda Eddy Soebandi, S. Sos.

Dari pengungkapan ini, sambung Kapolres, pihaknya telah mengamankan 8 terduga pelaku dan sudah dilakukan penahanan, dari 8 orang tersangka ada satu anak di bawah umur.

“Dari 8 perkara dibagi kedalam 2 kasus yakni, 4 orang yang melakukan pencurian dengan pemberatan dan 4 orang melakukan pencurian kendaraan bermotor Kebanyakan tempat kejadian perkara kasus ini terjadi di tempat wisata,” ungkapnya.

Sementara barang bukti yang berhasil diamankan polisi dari 8 tersangka berupa 5 unit kendaraan roda dua, accu kering, uang tunai, satu buah karung, kunci T dan handphone.

"Modus operandinya dalam kasus curanmor menggunakan kunci T saat menjalankan aksinya, sementara kasus curat membobol pintu rumah korban," katanya.

Kapolres menambahkan dari 8 orang tersangka telah dilakukan penahanan, proses penyidikan sedang berjalan, para tersangka dikenakan pasal 363 ayat 1 ke 4 dan ke 5 KUHP tentang pencurian pemberatan dengan ancaman hukuman selama 7 tahun.

"Mudah-mudahan kasus ini bisa segera selesai proses penyidikan, semoga berjalan dengan baik dan bisa dengan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat," ungkapnya.

Kapolres juga menginformasikan kepada masyarakat yang kehilangan motor, dipersilakan untuk datang ke Polres Sumbawa Barat dengan membawa kelengkapan surat-surat kendaraan. (WR-02)