Ticker

6/recent/ticker-posts

Diduga Sengaja Dibuang, Bayi Laki-laki Ditemukan Dalam Kardus Dengan Kondisi Hidup

Sosok bayi malang yang ditemukan warga dalam kadus di bundaran Waker, Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (24/3/2021).

LOMBOK TENGAH – Diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya, sosok bayi laki-laki ditemukan warga dalam kondisi masih hidup dalam sebuah kardus di bundaran Waker, Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, sekitar pukul 06.00 Wita, Rabu (24/3/2021).

Sosok bayi malang ini pertama kali ditemukan Marwan (20) warga Muntung Sejagat, Desa Mekar Damai, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah saat pulang dari bandara. Di tengah perjalanan dia dikagetkan dengan melihat sebuah kardus yang mencurigakan tepatnya di bundaran Waker Desa Penujak.

“Karena penasaran saksi langsung menghampiri dan memeriksa kardus air mineral tersebut dan ia makin kaget karena di dalam kardus tersebut bersisi sosok bayi laki-laki yang dibungkus dengan kain hitam dan jilbab warna coklat dalam kondisi hidup,” kata Kapolsek Praya Tengah, AKP Hery Indranto, SH.

AKP Hery menjelaskan, karena tidak ada orang di lokasi itu, kemudian saksi langsung membawa pulang bayi tersebut ke Desa Mekar Damai  dan langsung menghubungi  Bhabinkamtibmas Desa Mekar Damai.

“Saksi bersama Bhabinkamtibmas Desa Mekar Damai kemudian membawa bayi tersebut ke Puskesmas Kota Praya untuk mendapatkan perawatan medis yang kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Praya," ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolsek menyampaikan, mendapat informasi penemuan bayi tanpa orang tua, sekitar pukul 08.00 Wita, Tim Gabungan Piket Fungsi Polsek Praya Barat yang dipimpin Panit II Binmas Aiptu Edy Kurniawan langsung mengecek keberadaan bayi tersebut di RSUD Kota Praya.

“Dari hasil pemeriksaan medis, bayi laki-laki tersebut diperkirakan dilahirkan baru berusia sekitar 7 bulan dengan panjang 39 cm dan berat 1500 gram,” jelasnya.

Untuk menemukan titik terang terkait penemuan bayi tersebut, Kapolsek mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Loteng.

"Diperkirakan bayi tersebut sengaja dibuang oleh orang tuanya untuk menutup aib keluarga karena diduga hasil dari hubungan gelap. Hingga saat ini bayi tersebut masih mendapatkan perawatan Medis di RSUD Praya dan kondisi terakhir bayi dalam keadaan sehat," jelasnya.

Untuk mengungkap kasus ini, Kapolsek menyampaikan bahwa pihaknya telah mengamankan barang bukti seperti kardus yang dipakai untuk membuang bayi, kain hitam dan jilbab warna coklat serta dua helai rambut yang menempel di tubuh bayi tersebut yang diduga rambut orang tuanya. (WH-02)