Ticker

6/recent/ticker-posts

Komit Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Kades Tente Lanjutkan Pembangunan Kios Kuliner

Usaha Kuliner

Kades Tente Azhar, SE saat meninjau lokasi pembangunan kios kuliner di Dusun Kananga, Rabu (24/3/2021).

BIMA – Untuk mewujudkan desa wisata sebagai pusat jajanan dan kuliner di Kabupaten Bima dan sebagai upaya mendongkrak ekonomi masyarakat, Pemerintah Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima komit melanjutkan pembangunan kios kuliner yang berada di Dusun Kananga tepatnya di sebelah Utara Pasar Ina Hami Desa Tente.

Sebagaimana disampaikan Kades Tente Azhar, SE dengan dibangunnya kios kuliner yang berada di sekitar komplek pertokoan Desa Tente atau yang bersebelahan langsung dengan Pasar Ina Hami Desa Tente diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya di bidang usaha kuliner.

Azhar menyampaikan, letak kios kuliner yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat serta berhadapan langsung dengan Jalan Lintas Provinsi NTB sehingga akan sangat mendukung peluang usaha pagi pelaku usaha kuliner yang ada di Desa Tente.

“Lokasi ini sangat strategis dan sangat mudah dijangkau oleh masyarakat,” kata Kades saat meninjau lokasi pembangunan kios kuliner di Dusun Kananga, Rabu (24/3/2021).

Sebagai wujud komitmen untuk melanjutkan pembangunan dan tahap finishing kios kuliner tersebut Pemerintah Desa Tente melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 mengucurkan anggaran sebesar Rp 200 juta.

“Saya menargetkan pekerjaan ini bisa diselesaikan sampai bulan April tahun 2021 dan di bulan Mei nanti pasar ini sudah bisa beroperasi dan dimanfaatkan oleh warga untuk menjual dagangan mereka,” sebutnya.

Dijelaskan Azhar, saat ini kegiatan sudah berjalan 8 hari, adapun kegiatan yang dilakukan seperti pemasangan keramik lantai kios, pemasangan teras bata beton, pembuatan rangka atap baja ringan, pemasangan kusen, pintu rolling door, dan pemasangan fasilitas lainnya.

“Insya Allah tahap finishing kegiatan pembangunan ini direncanakan akan rampung pada bulan April nanti,” ujarnya.

Kades menambahkan, selain sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, kios kuliner yang dibangun Pemerintah Desa Tente ini juga diharapkan menjadi pusat jajanan dan kuliner yang ada di Kabupaten Bima dan menjadi pusat tongkrongan yang mentereng bagi anak muda.

“Dengan lokasinya yang cukup strategis kami berupaya mendorong usaha kuliner warga ini menjadi pusat wisata kuliner yang akan ramai dikunjungi oleh banyak orang sehingga secara otomatis akan meningkatkan income bagi para pelaku usaha,” katanya.

Untuk itu, kata Azhar, Pemerintah Desa Tente akan berupaya secara optimal mengelola penyewaan kios kuliner ini  yang juga akan dimasukan dalam Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Tente yang kemudian akan dikelola untuk kebutuhan masyarakat.

“Dengan program ini diharapkan para pelaku usaha nanti bisa betul-betul memanfaatkan fasilitas yang dibangun untuk kesejahteraan mereka dan keluarga. Dan upaya ini juga untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Desa Tente. Semoga usaha ini didukung oleh semua kalangan masyarakat,” harapnya. (WR-IG)