Ticker

6/recent/ticker-posts

Pembentukan Pengurus BUMDes Waro Akan Dilakukan Melalui Seleksi

Kades Waro Muhammad Ali, SH memimpin rapat pembentukan Panitia seleksi pengurus BUMDes yang digelar di aula kantor desa setempat, Rabu (17/3/2021).

BIMA - Dengan berakhirnya masa jabatan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) lama, Pemerintah Desa Waro, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima membentuk Panitia Seleksi (Pansel) pengurus BUMDes yang baru.

Panitia seleksi yang dibentuk terdiri dari unsur pemerintah desa, tokoh pemuda, BPD, LPMD, tokoh masyarakat. Pembentukan pansel dilakukan melalui musyawarah yang digelar di aula kantor desa Waro, Rabu (17/3/2021).

Kepala Desa Waro Muhammad Ali, SH mengatakan, dalam penjaringan pengurus BUMDes kali ini dilaksanakan melalui seleksi yang sangat ketat, bahkan saat ini kami telah membentuk panitia seleksi yang akan menjaring pengurus BUMDes.

“Kami telah membentuk Pansel dan tugas Pansel adalah menjaring direktur, sekretaris dan bendahara untuk pengurus BUMDes Waro,” katanya.

Selain itu kata Kades dua periode ini, dalam perekrutan pengurus tentu ada syarat-syarat yang harus dilengkapi oleh para calon peserta dan hal ini akan diumumkan oleh panitia.

“Sebagai badan usaha milik desa, pembentukan BUMDes melalui penjaringan ini akan memaksimalkan potensi masyarakat desa, baik itu potensi ekonomi, sumber daya alam, ataupun sumber daya manusia,” katanya.

Kades menambahkan, selain itu secara spesifik, pendirian BUMDes juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja desa untuk meningkatkan kreatifitas dan peluang usaha ekonomi produktif.

Oleh karena itu, kepada Tim Pansel yang telah terbentuk Kades berharap, agar benar-benar melakukan penjaringan secara objektif dan tanpa ada keberpihakan kepada para peserta seleksi.

“Maka dengan demikian akan melahirkan pengurus BUMDes yang benar-benar berkompeten dan bisa memajukan ekonomi desa serta PADes dan juga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui peluang usaha yang dibidik,” katanya.

“Untuk itu kepada Panitia Seleksi kembali saya tegaskan agar benar-benar teliti dan cermat dalam menjaring calon pengurus BUMDes yang baru,” tegasnya. (WR-Al)