Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengiriman Sapi Kurban Dengan Tol Laut di Pelabuhan Bima Dimulai 15 April 2021


Foto Ilustrasi Kapal Tol Laut di Pelabuhan Bima.

BIMA, Warta Hukrim - Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, pengiriman sapi kurban dengan kapal tol laut di Pelabuhan Bima akan dimulai tanggal 15 April tahun 2021.

Hal itu diungkap, Ir. Mahmud Kabid Agri Bisnis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Bima dalam rapat koordinasi antara Disnakkeswan Provinsi NTB dengan para pengusaha ekspedisi pengangkutan hewan di Kantor Pepehani Kabupaten Bima, Kamis (18/3/2021).

"Pada periode pengiriman hewan kurban tahun ini akan dimulai tanggal 15 April hingga 22 Juni 2021," katanya. 

Adapun pengangkutan akan menggunakan Kapal Tol Laut rute Bima-Tanjung Priok Jakarta. Sementara daerah tujuan pemasaran sapi Kurban Bima adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). 

Maka untuk melengkapi persyaratan tekhis bagi 51 CV yang telah memiliki SP3 dari Disnakkeswan agar segera melengkapi persyaratan administrasi seperti rekomendasi penerimaan hewan kurban dari pemerintah daerah tujuan pemasaran. 

"Rekomendasi penerimaan hewan ini sangat penting kalau tidak kami belum bisa memproses pemberangkatan," sebutnya.

Mahmud menjelaskan, rekomendasi tahap pertama sudah harus kami terima tanggal 5 April untuk persiapan proses pemberangkatan kapal pertama tanggal 15 April 2021.

Sementara rekomendasi tahap kedua harus kami terima pada tanggal 5 Mei 2021 untuk proses pemberangkatan tahap kedua.

"Oleh karena itu, kami harap kepada pelaku usaha atau pemilik CV agar segera mengurus rekomendasi penerimaan dari daerah tujuan. Apakah ada rekom atau tidak, kalau tidak ada kami tidak bisa berbuat apa-apa," ingatnya.

Kabid menyampaikan, hingga saat ini baru ada 8 CV yang telah menyerahkan rekom penerimaan dari daerah tujuan dan menyatakan siap untuk pengiriman sapi kurban dengan kapal pertama. 

"Untuk itu kami harap CV atau pengusaha lain untuk segera menyerahkan rekom penerimaan kepada kami untuk diproses," pintanya.

Kabid menyebutkan, untuk mengakomodir pemberangkatan sapi kurban yang ada di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Dompu dengan jumlah sebanyak 13 ribu ekor, maka jadwal pengiriman dimajukan lebih awal mulai tanggal 15 April 2021.

Oleh karena itu, hal ini juga harus dipahami oleh petani dan pelaku usaha pengangkut sapi kurban.

"Tolong diberikan pemahaman kepada petani ternak agar bersedia mengangkut sapi mereka lebih awal sehingga tidak saling berebut saat mendekati hari H nanti," pesannya.

Kata Mahmud, sesuai dengan jadwal yang telah disediakan, jumlah masuk kapal di Pelabuhan Bima sebanyak 16 kali dan kemungkinan akan ditambah 2 kali atas permintaan para pengusaha ekspedisi sehingga menjadi 18 kali. 

"Mudah-mudah dengan jumlah jadwal yang ada tidak ada lagi persoalan di pelabuhan Bima saat pengangkutan sapi kurban nanti," harapnya.

Kepada petani ternak dan pengusaha ekspedisi, Kabid meminta agar tertib mengikuti jadwal yang telah ditentukan saat pengiriman sapi kurban dan tidak ada pengusaha yang menyerobot jadwal pengusaha lain.

"Kami harap dalam pelaksanaannya nanti semuanya bisa berjalan dengan aman dan kondusif," pungkasnya. (WR-Al)