Ticker

6/recent/ticker-posts

Curi Mesin Pemotong Rumput, Pelaku Curat Ditangkap Polsek Manggelewa

Kriminal Dompu

Terduga pelaku berinisial EL alias LI bersama barang bukti yang diamankan Polsek Manggelewa, Rabu (31/3/2021).


DOMPU
– Setelah berhasil menggasak satu unit mesin pemotong rumput di toko milik korban Siti Talaha (40) di Dusun Samada, Desa Soriutu, Kecamatan Manggelewa, Dompu, pelaku curat berinisial EL alias LI (21) berhasil diringkus personel Polsek Manggelewa.

Pemuda asal Dusun Transad III, Desa Doromelo ini diringkus personel Polsek Manggelewa sekitar pukul 09.30 Wita, Rabu (31/3/2021) di sebuah kos-kosan di Dusun Samada, Desa Soriutu.

“Pelaku ditangkap berdasarkan laporan korban dengan laporan polisi nomor: LP K/12/III/2021/NTB/Res Dompu, Sek. Manggelewa, Tanggal 31 Maret 2021,” jelas Paur Subbag Humas Polres Dompu Aiptu Hujaifah.

Pelaku diduga, menggasak satu unit mesin pemotong rumput merk Valco dengan cara mencongkel dan merusak pintu toko milik korban sekira pukul 23.30 Wita, Selasa (30/3/2021) malam.

“Korban yang mengetahui tokonya dibobol langsung melaporkan kejadian itu ke SPKT Polsek Manggelewa,” terangnya.

Menindaklanjuti laporan korban dan hasil penyelidikan awal yang dilakukan, Kapolsek Manggelewa Iptu Rudolfo De Aruojo langsung memerintahkan anggota untuk mengejar dan menangkap terduga pelaku.

Anggota kemudian bergerak melakukan penyelidikan lebih lanjut, mengumpulkan data dan keterangan, anggota mendapat informasi kalau mesin tersebut diduga kuat digasak oleh terduga.

Berdasarkan informasi tersebut, anggota bergerak mendatangi salah satu kos-kosan di Dusun Samada, Desa Soriutu.

“Belum sempat tiba di kos-kosan, anggota berpapasan dengan terduga yang hendak keluar dari kos-kosan dan langsung membekuk terduga dan membawanya ke Mapolsek Manggelewa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hujaifah menyebutkan, saat diinterogasi oleh petugas, terduga mengakui perbuatannya. Dia mengaku masuk ke toko korban dengan cara mencongkel pintu menggunakan senjata tajam.

“Setelah berhasil masuk, terduga lantas mengambil mesin tersebut kemudian menyimpannya di samping toko,” lanjutnya.

Terungkap dalam aksinya, terduga pelaku tidak sendirian. Usai meletakkan mesin di samping toko, terduga lalu memanggil temannya berinisial BN warga Dusun Jatibaru, Desa Tekasire membantu memindahkan mesin dan saat ini masih dalam pengejaran petugas.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya terduga pelaku kini telah diamankan di Mako Polsek Manggelewa. Petugas juga mengamankan barang bukti berupa Mesin Potong Rumput dan Senjata Tajam yang pakai saat beraksi.

“Atas perbuatannya, terduga dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tandasnya. (WR-Al)