Ticker

6/recent/ticker-posts

Belasan Kubik Kayu Sonokeling Illegal Diamankan Saat Nyeberang di Pelabuhan Poto Tano

Puluhan kubik kayu sonokeling tanpa dilengkapi dokumen sah diamankan petugas di Kawasan Pelabuhan Poto Tano.

KSB, Warta Hukrim  - Kapolsek Pelabuhan Poto Tano bersama anggota berhasil mengamankan belasan kayu Sonokeling Illegal saat hendak menyeberang di Pelabuhan Poto Tano, Jumat (1/10/2021) sekitar pukul 11.30 Wita. 

Belasan kubik kayu yang yang tidak memiliki dokumen resmi tersebut diangkut menggunakan sebuah Truk warna hitam dari Sumbawa menuju Lombok. 

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tano Ipda Nurlana melalui Kasi Humas Ipda Eddy Soebandi, S.Sos  mengatakan kayu tersebut rencananya akan dibawa ke Karang Genteng Kota Mataram. 

"Truk bermuatan kayu tanpa dokumen yang sah itu tiba di pelabuhan sekitar pukul 11.30 Wita, diperjalanan sempat berhenti dua kali di Alas dan Rhee untuk melihat situasi," jelasnya. 

Setibanya di Poto Tano, untuk mengelabui petugas, Truk tersebut mengganti plat nomor kendaraan. Namun aksi mereka tetap diketahui oleh petugas. 

"Pihak Polsek Kawasan Pelabuhan Tano yanh mencurugai keberadaan Truk Fuso tersebut kemudian memeriksanya. Ternyata benar, di atas Truk tersebut ada kayu jenis Sonokeling sekitar 15 kubik tanpa dokumen yang sah," ujarnya. 

Setelah menginterogasi, supir Truk mengaku bahwa kayu tersebut berasal dari seseorang, yaitu berinisial A asal Sumbawa Besar. 

"Kapolsek kemudian berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Sumbawa Barat. Barang bukti Kayu dan kendaraan Fuso diamankan ke Mapolres untuk diproses hukum lebih lanjut," paparnya. (WH-Al)